NASKAH PIDATO - GENERASI ANTI KOPUPSI

Assalamualaikum Wr. Wb.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga kita dapat berkumpul di pagi hari yang cerah ini dengan keadaan sehat walafiat.
Shalawat beserta salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi kita, Nabi Muhammad SAW., kepada keluarganya, kepada sahabatnya, dan kepada kita selaku umatnya yang taat kepada ajarannya. Amin.
Yang terhormat, Bapak kepala SMAN 1 PARIGI, Bapak Ibu guru beserta staf tatalaksana yang saya hormati, serta teman-teman semua yang berbahagia. Pada kesempatan ini, saya akan berpidato mengenai “Generasi Anti korupsi”.
Berbicara tentang korupsi, menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2001, korupsi adalah perbuatan melawan hukum dengan maksud memperkaya diri sendiri atau orang lain yang dapat merugikan keuangan atau perekonomian negara. Sedangkan anti korupsi adalah sikap dan perilaku untuk tidak mendukung adanya upaya untuk merugikan keuangan dan perekonomian negara.
Budaya korupsi sudah menjadi virus yang menjangkiti para pejabat di negara kita. Walaupun memang tidak semua pejabat di negara kita terjangkit virus korupsi ini. Berdasarkan survei Indeks Persepsi Korupsi (IPK) pada tahun 2014, Indonesia berada pada peringkat 107 dari 175 negara didunia. Jika hal ini dibiarkan, korupsi akan semakin membawa Indonesia ke jurang kehancuran. Untuk itu, generasi muda perlu dibekali jiwa anti korupsi agar kelak bisa menjadi pelopor pembangunan yang bersih dan bisa dipercaya. Beberapa tindakan preventif (mencegah) untuk meminimalisasi korupsi diantaranya :
1.      Pendidikan dan pembiasaan keluarga sejak kecil dengan memperkenalkan sifat jujur dalam segala hal. Contohnya dalam membeli sesuatu, berbuat salah, dsb.
2.      Menegakkan kejujuran dalam berbagai situasi dan kondisi dimanapun dan kapanpun. Seperti dalam mengerjakan tugas, jujur dalam ulangan, dsb.
3.      Membiasakan untuk terbuka dalam mengelola keuangan sekolah maupun yang dikelola oleh siswa.
4.      Senantiasa meningkankan kualitas iman dan takwa.
5.      Memberikan materi pendidikan anti korupsi bagi siswa.
Ditanamkannya pendidikan dan pembiasaan anti korupsi bagi generasi muda bertujuan agar semua generasi muda memiliki jiwa anti korupsi dan berlaku jujur dalam kehidupannya. Jiwa anti korupsi inilah yang akan menjadi banteng bagi mereka untuk tidak melakukan perbuatan korupsi jika mereka sudah dewasa kelak.
Hadirin yang saya hormati,
Oleh karena itu, marilah kita sebagai generasi muda, kita berjuang dan bangkit melawan korupsi. Bukan bangkit dari tidur, tapi bangkit dari kesadaran sendiri, moral, dan agama. Memang tidak mudah untuk menumbuhkan generasi anti korupsi, tapi dengan komitmen nasional yang kuat, mencegah dan memberantas korupsi bukanlah hal yang sulit. Mulailah dari diri sendiri, dan mulailah dari sekarang.
Demikian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dan tutur kata yang salah. Terimakasih atas perhatiannya.
Billahitaufik walhidayah.
Wassalamulaikum Wr. Wb.

karya : Hilman Taofik Hidayah


 
 Naskah Pidato diatas hanya sebuah referensi/rujukan/bahan pertimbangan/bahan acuan saja, dimohon untuk tidak melakukan tindakan plagiarisme/menjiplak/me-repost.
Thanks for visiting this blog. 👍
Don't forget to subscribe this blog. 👌

Comments

Popular posts from this blog

NASKAH BIANTARA - NGAMUMULE BUDAYA SUNDA

LAPORAN PENELITIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KECAMBAH KACANG HIJAU TERHADAP CAHAYA