KALIMAT SESUAI STRUKTUR GRAMATIKAL DAN PARAGRAF BERDASARKAN ISINYA


Membuat kalimat dengan bidang kesehatan sesuai dengan struktur gramatikal dibawah :
a)      Subjek + Keterangan waktu + Predikat + Objek
Jawaban : Penyakit jantung saat ini sedang mengancam umat manusia.
b)      Keterangan tempat + Subjek + Predikat + Pelengkap
Jawaban : Di rumah sakit sang dokter menyelamatkan nyawa pasien.
c)      Subjek + Predikat + Pelengkap + Objek
Jawaban : Penderita kanker darah ditemukan berusia dibawah 15 tahun pada
Membuat paragraf minimal 5 kalimat dengan bidang kesehatan berdasarkan isinya :
a)      Cara Analogi :
Menjaga kesehatan tubuh itu layaknya seperti merawat sebuah tanaman. Dari mulai disiram setiap hari, diberi pupuk, dijaga dari berbagai hama, dibuat tahan dalam berbagai cuaca, mendapatkan sinar matahari yang cukup, dll. Seperti halnya dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Kita harus menjaga kesehatan tubuh kita dari mulai mencukupi kebutuhan nutrisi dengan makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup, rajin berolahraga, dll. Kita bisa melakukannya mulai dari hal kecil seperti minum air putih dan melakukan olahraga kecil saat bangun di pagi hari, senantiasa melakukan sarapan di pagi hari, dan tidur yang cukup. Dengan kita senantiasa menjaga kesehatan tubuh kita, niscaya kita akan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.
b)      Cara Klasifikasi
Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor genetis. Buta warna sendiri dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis yaitu trikromasi, dikromasi, dan monokromasi. Buta warna jenis trikomasi adalah perubahan sensitifitas warna dari satu jenis atau lebih sel kerucut. Jenis buta warna ini paling sering dialami dibandingkan jenis buta warna lainnya. Ada tiga macam trikomasi yaitu: Protanomali yang merupakan kelemahan warna merah. Deuteranomali yaitu kelemahan warna hijau. Tritanomali yaitu kelemahan warna biru.
Dikromasi merupakan tidak adanya satu dari 3 jenis sel kerucut, tediri dari: Protanopia yaitu tidak adanya sel kerucut yang peka untuk warna merah sehingga kecerahan warna merah dan perpaduannya berkurang. Deuteranopia yaitu tidak adanya sel kerucut yang peka untuk warna hijau. Tritanopia yaitu tidak adanya sel kerucut yang peka untuk warna biru. Sedangkan monokromasi ditandai dengan hilangnya atau berkurangnya semua penglihatan warna, sehingga yang terlihat hanya putih dan hitam pada jenis tipikal dan sedikit warna pada jenis atipikal. Jenis buta warna ini prevalensinya sangat jarang.
c)      Cara contoh-contoh :
Pola hidup sehat wajib dilakukan oleh setiap orang. Karena sehat adalah modal penting bagi kita untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari mulai dari pagi hingga malam hari. Banyak orang berkata bahwa sehat itu adalah mahal. Maka dari itu, memulai pola hidup sehat adalah pilihan yang terbaik. Pola hidup sehat ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Seperti misalnya terhindar dari berbagai penyakit, memiliki sistem imun yang kuat, lebih percaya diri, merasa damai, nyaman dan tentram, dapat bekerja lebih maksimal serta meningkatkan kinerja.
Mengatur pola makan dan istirahat yang cukup adalah bagian dari pola hidup sehat. Mengatur pola makan dengan makan makanan yang bergizi dan memilih makanan yang tepat harus dilakukan setiap hari. Makanan yang bergizi adalah makanan dengan 4 sehat 5 sempurna. Memilih makanan juga sangat penting bagi mereka yang ingin menambah berat badan, menurunkan berat badan, menghindari penyakit, dll. Selain pola makan, yaitu istirahat yang cukup. Idealnya, kita tidur minimal harus 8 jam sehari. Istirahat cukup adalah kunci untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Selain mencukupi waktu tidur minimal 8 jam, kita juga harus tidur secara teratur.
Memperbanyak minum air putih dan mengelola stress juga merupakan salah satu dari pola hidup sehat. Sebuah penelitian di Chicago University membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi minimal 8-10 gelas air, mereka memiliki sistem kekebalan lebih baik dari yang jarang mengonsumsinya. Dengan demikian, air putih dapat meningkatkan imun tubuh terhadap serangan penyakit. Selain itu, mengelola stress juga sangat penting. Jika tidak bisa mengelola stress dengan baik, maka akan sangat mudah terkena depresi. Banyak cara untuk sekedar menghilangkan stess, misalnya berileksasi, yoga, meditasi, atau hanya sekedar melakukan hobi kita.
Banyak cara untuk melakukan pola hidup sehat selain dari yang disebutkan diatas. Misalnya yaitu, rajin melakuka olahraga, menjaga kebersihan, menghindari kebiasaan buruk, dan masih banyak lagi. Rasulullah SAW., juga senantiasa melakukan pola hidup sehat. Cara hidup sehat baginda Rasul diantaranya sering berpuasa, cepat tidur dan cepat bangun, tidak pemarah, bersosialisasi, berbekam, dll.  Itulah beberapa cara untuk memiliki pola hidup sehat.

Comments

Popular posts from this blog

NASKAH BIANTARA - NGAMUMULE BUDAYA SUNDA

LAPORAN PENELITIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KECAMBAH KACANG HIJAU TERHADAP CAHAYA