RESUME LKMMF 1

Nama          : Hilman Taofik Hidayah
Universitas  : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

LKMMF 1
“Aktualisasi Jiwa Kepemimpinan Guna Merealisasikan Abdi Profesi Yang Berkualitas Dan Berintegritas”

Materi 1 : Leadership dan pengambilan keputusan
Pemateri : M. Agung Miftahuddin, SE., M. Si
            Seorang pemimpin harus memiliki sifat-sifat khusus. Personal skill yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yaitu determining values and priorities, identifying cognitive style, managing time, dll. Sedangkan interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yaitu harus bisa mendengarkan, membimbing, menasehati, berani memutuskan, dll. Perbedaan antara management dan leadership yaitu ; management ; berdasarkan fakta, menemukan jawaban, menyelesaikan permasalahan, learns via training, tactical, perspektif jangka pendek, dll. Sedangkan leadership ; berdasarkan ide, memunculkan pertanyaan, menciptakan tantangan, learns through experience, strategic, perspektif jangka panjang, dll.
Materi 2 : Public Speaking
Pemateri : Dr. Ugung Dwi Ario Wibowo, S. Psi., M. Si
            Public Speaking merupakan seni ilmu pengetahuan tentang komunikasi lisan yang efektif dengan pendengar. Tujuan public speaking sendiri yaitu untuk menyampaikan informasi kepada audiens, mempengaruhi audiens, dan menghibur audiens. Teknik public speaking yaitu untuk mendapatkan powerful public speaking, ada 3 poin yang harus diperhatikan yaitu memiliki confidence (terdiri dari fear management, powerful communication, building rapport), sistematis (terdiri dari subject mastery, learning theory, audience management), dan memiliki power (terdiri dari powerful tools, powerful voice, body language).
Materi 3 : ISMAFARSI dan Persidangan
Pemateri : Hanifa Setiawan
            ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia) adalah organisasi advokasi nasional terkemuka bagi mahasiswa farmasi untuk mempromosikan kesehatan masyarakat melalui penyediaan informasi. ISMAFARSI sendiri berdiri pada tanggal 22 Desember 1955 di Kaliurang, Yogyakarta. Dahulu, ISMAFARSI bernama MAFARSI yang kemudian berganti nama menjadi ISMAFARSI pada MUNAS ke-5. ISMAFARSI memiliki anggota penuh sebanyak 74 LEM, dan anggota penunjang sebanyak 8 LEM. ISMAFARSI dipimpin oleh Sekjen yaitu Deni Fahmi Prasetyo, dan ISMAFARSI joglosepur sendiri dipimpin oleh Akmal Maulana. Persidangan merupakan forum formal suatu organisasi guna membahas masalah tertentu yang menghasilkan keputusan yang menjadi suatu ketetapan. Jenis persidangan ada 3 yaitu persidangan paripurna, persidangan komisi, dan persidangan pleno.
Materi 4 : IPSF dan SEP
Pemateri : Derajad Rahman Mu’allih Hakim
            IPSF (International Pharmaceutical Students Federation) merupakan organisasi advokasi internasional terkemuka untuk mahasiswa farmasi seluruh dunia, mempromosikan kesehatan masyarakat melalui penyediaan informasi, pendidikan, jaringan, berbagai publikasi dan inisiatif profesional. IPSF adalah organisasi kemahasiswaan internasional yang pertama di dunia. IPSF sendiri berdiri pada tahun 1949 di London yang didirikan oleh 8 negara. Saat ini IPSF terdiri dari 84 negara yang aktif berkontribusi di seluruh dunia. IPSF ini telah bekerja sama dengan organisasi dunia seperti WHO, UNESCO, dan FIP. IPSF dipimpin oleh seorang presiden yaitu Mr. Christian Roth. IPSF terbagi menjadi 5 wilayah bagian yaitu PARO, APRO, AfRO, EuRO, dan EMRO. Indonesia termasuk wilayah bagian APRO (Asia Pacific Regional Office), yang mana APRO ini didirikan di Singapura pada tahun 2001. SEP (student exchange program) merupakan salah satu program yang diwadahi oleh ISMAFARSI dimana dalam program ini tujuan yang ingin dicapai adalah tejalinnya hubungan yang erat antara mahasiswa farmasi Indonesia dengan mahasiswa farmasi dari berbagai belahan dunia atau biasa disebut dengan "pertukaran pelajar".

Comments

Popular posts from this blog

NASKAH BIANTARA - NGAMUMULE BUDAYA SUNDA

LAPORAN PENELITIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KECAMBAH KACANG HIJAU TERHADAP CAHAYA